Monday, March 11, 2013

INSTALL UBUNTU 10.04 LTS


Berikut ini cara install Ubuntu Desktop 10.04 LTS. Pertama-tama siapkan dulu CD Ubuntu 10.04, kemudian booting melalui CD Ubuntu tersebut. Maka akan tampil seperti ini :

 Setelah itu maka akan menampilkan pada menu instalasi ubuntu, kita pilih English dan pilih lagi Install Ubuntu 10.04.3 LTS seperti capture di bawah ini :

Setelah kita klik Install Ubuntu 10.04.3 LTS maka kita di hadapkan pada menu pilihan wilayah dan waktu tempat kita berada, dalam contoh kali ini saya pilih Regional Asia dan Time Zone Indo nesia (Jakarta) seperti capture di bawah ini :

Setelah kita memilih Forward pada capture di atas maka kita akan di hadapkan pada menu selanjutnya yaitu Keyboard Layout kemudian kita pilih Default yaitu USA kemudian klik Forward seperti Capture di bawah :



Setelah Keyboard Layout tahap berikunya ialah pembagian disk (partisi disk), kalo kita tidak mau membagi isi partisi dari disk kita hanya drive C klo di windows maka bias pilih Erase and use the entire disk. Maka akan menghapus semuda data yang ada. Sebaiknya di backup terlebih dahulu jika ada datanya. karena dalam contoh kali ini saya ingin membagi partisi saya (C dan D) maka saya pilih Specify partitions manually (advanced) kemudian pilih Forward seperti capture di bawah :

Setelah itu kita pilih New Partition Table karena kita akan membuat partisi baru. Setelah kita klik New Partition Table kemudian kita pilih Continue seperti capture di bawah ini :

Kemudian kita buat swap nya terlebih dahulu. Dalam contoh kali ini saya memilih Logical untuk Type for the new partition kemudian New partition size kita isi dengan swap yang kita ingin kan baiknya kalo memory ram kita kecil maka harus dua kali ram tersebut. Dalam contoh ini saya pilih 1024 atau 1GB. Kemudian pilih Beginning setelah itu Use as kita pilih swap area kemudian klik OK seperti capture di bawah : 

Setelah kita membuat swap tahap selanjutnya kita buat partisi Home, kalo di windows sama dengan partisi D. sama seperti yang di jelaskan di atas kita pilih Logical setelah itu tetntukan size yang mau kita buat, dalam contoh ini saya buat 5000 atau 5MB. Kemudian pilih Beginning Use as Pilih Ext4 journaling file system setelah itu Mount point kita pilih /home kemudian pilih OK.  Seperti capture di bawah ini :

Setelah kita buat partisi home maka tahap selanjutnya kita buat partisi system kalo di windows sama dengan drive C. caranya sama dengan yang di atas hanya Type for the new partition kita pilih Primary kemudian Use as kita pilih Ext4 journaling file system setelah itu Moun point kita pilih / kemudian pilih OK. Seperti capture di bawah :
Setelah kita membuat partisi selanjutnya kita pilih Forward seperti capture di bawah ini :
Kemudian kita isi name dan password untuk login setelah itu pilih Forward seperti capture di bawah ini :

Selanjutnya kita pilih Install untuk menginstall ubuntu tersebut dan tunggu sampai priseperti capture di bawah :




Jika Ubuntu 10.04 sudah selesai terinstal maka ia akan meminta kita untuk restast komputer agar system bisa di gunakan, seperti capture di bawah :

Selesai.










 

0 comments:

Post a Comment