Monday, January 28, 2013

Setting mesin Fingerprint dan software manajemennya


Sementara, non aktifkan dulu antivirus karena program ini terdeteksi sebagai virus. Atau bisa juga dengan tetap mengaktifkan antivirus, tetapi dengan menambahkan Exception (pengecualian deteksi) melalui program antivirus tersebut.
1.     Klik tombol Daftar Mesin, atur sesuai Serial dan Ethernet (LAN)

2.    Atur rentang waktu absen (2x : pagi dan pulang; atau 4x : pagi, keluar istirahat, masuk istirahat, dan pulang) waktu melalui menu Pengaturan --> Tabel Waktu
3.      Atur Nama Perusahaan dan Divisi yang ada melalui menu : Pengaturan --> Departemen / Bagian.

4.      Tambahkan data pegawai melalui menu : Pengaturan --> Data Pegawai.
5.   Setiap penambahan data pegawai, klik tombol Simpan terlebih dahulu baru kemudian klik tombol Baru.


6.    Setelah semua data karyawan dimasukkan, pilih Mesin Fingerprint sesuai jenis koneksi yang digunakan (Serial / Ethernet LAN), silahkan uji coba dengan data pribadi terlebih dahulu atau sampel beberapa pegawai.
7.    Setelah itu klik tombol Sambung ke Mesin. Setelah tersambung, klik tombol Rekam Jari. Pilih jari pada tangan mana yang akan digunakan sebagai identitas absensi (yang mudah terbaca sidik jarinya). Setelah itu program akan meminta memasukkan 3 kali input data sidik jari, letakkan jari pada scanner mesin fingerprint sekitar 2 detik (jangan terlalu lama / mengambang jari tersebut di atas scanner, karena input data sidik jari akan gagal dan kita harus mengulang input sidik jari kembali). Sebagai catatan tambahan, pastikan permukaan scanner fingerprint bersih dari debu atau kotoran lainnya agar proses scanning dan absensi berjalan lancar.
8.    Setelah berhasil dengan beberapa sampel pegawai, bisa dimulai input sidik jari semua pegawai. Setelah selesai, keluar dari jendela Daftar Pegawai.
9.    Proses selanjutnya adalah upload data pegawai dan sidik jarinya ke dalam mesin, sambungkan kembali mesin dengan program sesuai jenis koneksi, kemudian pilih menu Mesin --> Upload Data + Sidik Jari. Upload semua data pegawai ke dalam mesin per divisi.

10.   Setelah proses upload selesai, silahkan coba kembali input absensi pegawai. Seperti biasa, pastikan permukaan scanner bersih dari debu dan kotoran lainnya. Saat menempelkan jari di permukaan scanner juga jangan mengambang dengan jangka waktu sekitar dua detik (jangan terlalu lama ataupun terlalu cepat). Jika absensi berhasil maka mesin akan berbunyi : Thank You, juga di layar mesin dan program absensi akan keluar nama pegawai yang input jari tadi.
11.   Silahkan untuk fitur program dan pelaporan absensi (ketidakhadiran dan lainnya) ditelusuri lebih jauh sendiri.

Semoga berhasil,....


0 comments:

Post a Comment