Saturday, March 2, 2013

CARA INSTALL TRIXBOX


Trixbox adalah sebuah Server VoIP yang dibuat menjadi satu dengan system operasi, yaitu Linux CentOS. Trixbox bersifat open source, artinya setiap orang dapat mengetahui source code programnya dan memperolehnya secara gratis. Adapun cara untuk install Trixbox adalah sebagai berikut :
Booting menggunakan CD Trixbox 2.8 hingga tampil seperti capture di bawah ini :


Kemudian tekan Enter untuk masuk ke menu selanjutnya yaitu pemilihan Type Keyboard dalam contoh ini saya memilih us kemudian pilih OK seperti capture di bawah :

Setelah itu kita masuk ke menu Time Zone Selection untuk memilih waktu tempat kita berada dalam hal ini saya memilih Asia/Jakarta kemudian pilih OK.  

Kemudian kita masuk ke menu Root Password yaitu untuk password root kita. Jika password nya sudah di buat lalu kita pilih OK. Seperti capture di bawah ini :


Setelah kita membuat password root tadi maka proses instalasi Trixbox akan di lakukan tunggu sampai proses instalasi selesai seperti capture di bawah ini :
Setelah proses instalasi Trixbox selesai maka akan tampil seperti ini :
Di karenakan IP Address pada trixbox ini masih DHCP maka saya akan merubahnya menjadi IP Static tapi sebelumnya kita login terlebih dahulu dengan Trixbox1 login : root dan Password yang telah kita buat di atas. Setelah kita masuk ke root Trixbox maka kita ketik #help-trixbox untuk bantuan konfigurasi trixbox. Seperti capture di bawah ini :
Karena kita akan merubah IP Address Trixbox maka kita ketik #system-config-network kemudian Enter maka akan tampil seperti capture di bawah :
Setelah itu Kita pilih Edit Devices kemudian tekan Enter  seperti capture di atas, kemudian di menu Select A Device kita pilih Eth0 (eth0) kemudian Enter seperti capture di bawah.
Kemudian kita akan masuk ke menu Devernet Configuration setelah itu isi deh Static IP, Netmask dan Default gateway IP kemudian klik OK seperti capture di bawah :
Setelah kita mensetting IP Static kemudian kita masuk ke menu Select A device kemudian pilih eth0 (eth0)-Ethernet setelah itu pilih save supaya configurasi yang telah kita buat tersimpan, capturenya di bawah ini :
Lalu kita setting DNS nya jika kita membutuhkan DNS, dengan cara pilih Edit DNS Configuration kemudian Enter.
Kemudian kita masuk ke menu DNS configuration kemudian isi sesuai DNS jaringan kita setelah itu pilih OK. Capturenya di bawah ini :
Tahap terakhir di  menu Select Action kita pilih Save&Quit seperti capture di bawah :


Selesai untuk proses instalasi Trixbox ada pun Configurasi VoIP nya akan menyusul dipage selanjutnya :
http://iwanssid.blogspot.com/2013/04/lanjutan-trixbox.html.


















2 comments: